Senin, 05 Oktober 2015

Perbedaan SO, RE, Emulator dan Firmware



Kali ini kami mendapat tugas untuk mencari tahu tentang perbedaan antara Sisem Operasi, RE, Emulator dan Firmware. Dari keempat hal yang diberikan tersebut, masing-masing dari mereka memiliki pengertian dan kegunaan masing-masing. Dan diantara mereka ada yang merupakan golongan OS dan bukan termasuk OS. Berikut adalah beberapa hal yang dapat menjelaskan beberapa perbedaan diantara keempat hal tersebut.
Sistem operasi adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer atau hardware, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem operasi adalah jenis yang paling penting dari perangkat lunak sistem dalam sistem komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program aplikasi booting.
Sedangkan, Runtime Environment bisa di artikan Emulator/peralatan Terminal remote, Dalam keadaan ini, program ini dapat mengirim instruksi untuk prosesor komputer dan mengakses memori komputer (RAM) dan sumber daya sistem lainnya. RTE juga biasa di pakai programmer untuk menguji  program ketika sedang berjalan, dimana programmer dapat melacak petunjuk sedang di proses oleh program dan melakukan debug kesalahan yang mungkin timbul. Pengertial lain dari Emulator ialah, Emulator bisa diartikan sebagai program yang dapat menjalankan OS dalam OS, misalnya : OS windows bisa menjalankan OS linux dengan suatu program yang disebut emulator atau bisa juga disebut piranti.
Dan yang dimaksud dengan Firmware adalah perangkat lunak atau bisa disebut sebagai program yang bersifat tetap, yang tertanam pada unit perangkat keras seperti alat-alat elektronik, alat telekomunikasi dan komponen-komponen komputer. Tidak ada batasan yang jelas yang dapat memisahkan antara firmware dan software, hal ini dikarenakan keduanya merupakan istilah deskriptif yang cukup luas.
Dalam tugas ini diselipkan sebuah pertanyaan, yaitu “Apakah emulator dan RE bisa di anggap OS?” Tentu saja jawabnya tidak, karena Emulator dan RE merupakan program pada Operation System. Atau bisa disebut program perlengkap atau peralatan pada OS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar